Thursday, November 26, 2015

Buku ini Ditarik dari Peredaran karena Menggunakan Kata 'Pelacur'

Kastemer satu buah toko serba ada di Australia mengintimidasi bakal memboikot jaringan supermarket itu karena penarikan suatu buku narasi karangan Roald Dahl cuma dikarenakan buku itu memuat ungkapan 'pelacur kotor' atau 'dirty slut'.
Supermarket ALDI di Australia menarik penjualan buku berjudul 'Revolting Rhymes' karangan Roald Dahl menyusul keluhan menyangkut pemakaian bahasa yg kasar dalam buku itu, yakni disaat seseorang pangeran bicara kepada Cinderala : "Siapa Pelacur kumuh ini?" (Who is this dirty slut? Off with her nut)."

Perusahaan itu menerbitkan opini yg menyebut jika perusahaannya memperhatikan keluhan pelanggannya dgn serius. kata kata unik lucu terbaru

"ALDI Australia sudah menarik penjualan buku bergambar karya Roald Dahl berjudul Revolting Rhymes dari acara tawaran teristimewa kami, menyusul banyaknya komentar dari sekian banyak konsumennya yg prihatin terkait pemakaian bahasa didalam buku tersebut," catat opini itu.

"Serangkaian buku narasi bergambar Roald Dahl masuk dalam acara promo kami kepada Rabu 27 August 2014 & buku yg tersisa masihlah dapat dipasarkan di toko dgn harga masing-masing $4.99.

"ALDI Australia hendak memberitahukan pada seluruhnya pelanggan kami bila kami bakal menindaklanjuti keprihatinan pelanggan kami dengan cara serius,"

Tapi pihak pembeli lewat fasilitas sosial justru memprotes respon dari supermarket ini, mereka menuntut biar buku itu dipasarkan kembali. Sebahagian pengguna bahkan meneror bakal memboikot toko jaringan ALDI di page Fb supermarket itu.

Professor Kay Margretts dari Kampus Melbourne mengemukakan ada tidak sedikit penulis agung yg sengaja memakai bahasa cabul dalam karya-karya mereka.

"Buku ini yakni parodi dari dongeng - buku ini bersifat komedi & mengandung kata-kata yg lucu. Kalau kita perhatikan kembali histori dari sebanyak penulis hebat serta memanfaatkan kata-kata seperti itu, bahkan Shakespeare pula melaksanakan perihal yg sama," paparnya.

"Ini cuma masalah sepatah kata saja dalam buku itu, tetapi itu sektor dari sastra. Itu bidang dari ketajiran yg kita lindungi didalam sastra. & menurut aku itu pemeriksaan yg tak sesuai."

Sementara tidak sedikit konsumen Fb setuju penarikan buku itu wujud pemeriksaan. Pakar bahasa Roley Sussex menyampaikan kata-kata yg dipilih Dahl tak selayaknya dihakimi secepat itu.

"Pelacur itu mempunyai dua makna, kata itu berasal dari th 1402. Arti mula-mula bermakna wanita yg penampilannya berantakan, & makna yang lain ialah wanita dgn moral rendah."

"Saya khawatir kata 'slut' atau pelacur itu maknanya senantiasa hina & kita ; baru kini sadar, dalam konteks diskriminasi bahasa, jelek sekali kan? jelasnya.

Walau menuai protes tetapi Supermarket ALDI tetap masih menghentikan penjualan buku tersebut & belum merespon kritik yg diungkapkan masyarakat di page Fb mereka.

No comments:

Post a Comment